Indahnya berbagi

Organisme Paling Tua Yang Hidup di Bumi


Pengertian Organisme menurut ilmu biologi adalah kumpulan molekul-molekul yang saling memengaruhi sedemikian rupa sehingga berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup (sumber : wikipedia). Kata organisme berasal dari bahasa Yunani yaitu organon yang berarti alat.

Salah satu yang termasuk organisme adalah Bakteri. Sebagai organisme yang paling beragam Bakteri banyak dijumpai hampir diseluruh permukaan bumi bahkan ditubuh manusia sendiri. Ukuran Bakteri sangat kecil hanya beberapa Mikron saja. Bakteri bagi kehidupan manusia terbagi dua yaitu jenis bakteri yang menguntungkan dan bakteri yang merugikan.

Dalam ilmu biologi organisme yang diduga paling tua menghuni planet bumi adalah Archaebacteria. Organisme ini biasa hidup di dalam lingkungan yang sangat extreme misalnya di sumber air panas, kawah gunung, telaga garam, kawah belerang dan gambut. Archaebacteria mempunyai ciri-ciri antara lain sebagai berikut :

  • Mengandung lipid pada membran Plasma dan tidak mengandung peptidoglikan di dinding selnya.
  • Tidak mempunyai membran inti (prokariotik)
  • Bersifat anaerob sehingga mampu menghasilkan ATP
  • Cara berkembang biak dengan cara pembelahan biner, fragmentasi, pe,bentukan tunas dan pembelahan ganda.

Kelompok Organisme Archaebacteria


  1. Metanogen, Bakteri ini mempunyai sifat anaerobik dan kemosintetik. Ciri khas bakteri ini ketika saat melakukan proses metabolisme energi membentuk gas metana yaitu dengan cara mereduksi karbon dioksida, contohnya Methanobacterium. Bakteri kelompok Metanogen biasa hidup dilokasi-lokasi yang kurang oksigen, di lumpur, di rawa. Dapat tumbuh dengan baik ditempat panas dengan suhu 89 derajat Celcius dan mati pada suhu dibawah 84 derajat Celcius. 
  2. Halofil Extreme, Bakteri-bakteri yang termasuk kelompok ini biasa hidup pada tempat dengan lingkungan berkadar garam tinggi seprti di laut merah atau di danau air asin. Untuk menghasilkan energi kelompok Bakteri ini melakukan fotosintesis dengan cara respirasi aerobik. Contoh Bakteri yang termasuk kelompok ini misalnya: Halobacterium, Halococcus, Halorubrum, dan Haloarcula.
  3. Termoasidofilik, Bakteri kelompok ini dapat hidup dilingkungan yang sangat extreme dan bersifat asam seperti di kawah Vulkanik, lubang Vulkanik dan mata air yang mengandung Sulfur. Untuk menghasilkan energi Bakteri ini mengoksidasi sulfur contoh bakteri seperti Sulfolobus dan Thermoplasma. Bakteri ini bisa tumbuh optimal di kisaran suhu 60 - 80 derajat celcius dengan pH 2 sampai 4.
Demikian sekilas info organisme Archaebacteria sebagai organisme paling tua penghuni planet bumi ini. 

Tag : IPA
0 Komentar untuk "Organisme Paling Tua Yang Hidup di Bumi"

Back To Top