Indahnya berbagi

Info Siaran TV Digital Di Karawang


Kalau sobat sering menonton siaran TVRI pasti pernah melihat iklan dari Kominfo tentang siaran TV Digital. Dalam waktu yang dekat dan secara bertahap siaran televisi nasional akan beralih ke sinyal digital. Setelah sekian lama menggunakan sinyal analog di frekwensi VHF dan UHF yang memilki beberapa kekurangan dalam kualitas gambar atau suara dibandingkan dengan sinyal digital. 

Pemerintah menerapkan standard siaran TV digital yang mengadopsi teknologi Digital Video Broadcasting – Terrestrial second generation (DVB-T2). Sinyal siaran TV digital DVB-T2 bisa ditangkap/diterima dengan menggunakan antena UHF biasa tanpa perlu Parabola. Hanya saja pesawat televisi yang sobat miliki harus sudah ready DVB-T2. Beberapa merek TV dengan layar diatas 32" biasanya sudah ready DVB-T2. Oleh karena itu mulai sekarang kalau sobat mau beli TV baru jangan segan untuk bertanya ke penjual apakah TV nya sudah support DVB-T2 atau tidak. Pilih yang sudah support DVB-T2 agar bisa menerima siaran TV Digital.

Tips Agar TV Lama Bisa Menerima Siaran TV Digital

Bagi yang punya pesawat TV model lama baik TV tabung (CRT), TV LCD atau TV LED yang belum support siaran TV digital DVB-T2 jangan berkecil hati. Sobat masih bisa menikmati atau menangkap siaran TV digital dengan bantuan perangkat tambahan yaitu tuner tv digital DVB-T2. Harganya juga relatif murah dikisaran 200-300 ribu, tergantung merek dan fitur yang dimiliki. 

Baca : Info perangkat penerima siaran TV digital

Cara penggunaan cukup mudah, output dari tv tuner DVB-T2 tinggal sambungkan ke input video di pesawat TV bisa via port video (kabel RCA) atau port HDMI. Caranya seperti sobat menghubungkan dvd player ke TV. Kabel antena UHF dicolok ke port antena di perangkat tv tuner DVB-T2. Lebih jelasnya sobat bisa baca buku panduan yang terdapat di dus setiap TV tuner. 


cara tangkap siaran tv digital
Tuner DVB-T2


List Siaran TV Digital Yang Bisa Diterima Di Karawang Terbaru

Siaran TV digital yang sedang diprogramkan oleh pemerintah sepertinya masih dalam proses transisi. Terbukti dari masih belum meratanya siaran TV digital yang bisa diterima oleh tiap daerah. Sinyal siaran TV digital di daerah Karawang pun sama masih belum merata bahkan ada yang sama sekali belum bisa menerima. Daerah Karawang seperti di Klari, Johar, Karawang kota beberapa chanel siaran TV digital sudah bisa diterima. 

Untuk daerah Wadas Lemahabang sama sekali belum dapat menerima siaran TV Digital DVB-T2. dhira sudah coba searching testing dengan TV tuner digital DVB-T2  merek Xtreamer, masih blank tidak ada siaran TV digital. Ada dua hal kemungkinan antena UHF kurang bagus dan tinggi karena hanya dipasang di atas Plafon atau memang sinyal siaran tv digital terlalu lemah. Masih penasaran mau coba search lagi dengan antena UHF yang lebih bagus dan tinggi. Penasaran ingin menikmati siaran TV Digital tanpa Parabola.

Buat sobat yang berlokasi di daerah Karawang bisa di share disini chanel siaran digital apa saja yang sudah bisa dinikmati. Selamat berburu siaran tv digital...


 




Tag : how to, Info
0 Komentar untuk "Info Siaran TV Digital Di Karawang"

Back To Top