Indahnya berbagi

Tips Mendidik Anak Agar Disiplin

Pembentukan karakter anak harus dilakukan sejak dini. Menanamkan pola disiplin sejak dini pada anak salah satu upaya orang tua dalam membentuk karakter anak. Dengan belajar menanamkan pola hidup disiplin secara langsung orang tua telah mendidik anak menjadi probadi yang mandiri dan bisa bersosialisasi.

Tapi tidak sedikit orang tua yang ingin menanamkan pola disiplin kurang tepat dalam penerapan. Anak agar disiplin dimarahi atau diberi tindakan hukuman seperti dipukul atau dicubit. Padahal cara kekerasan bukan hal yang terbaik dalam mendidik anak agar mengetahui mana yang baik dan yang tidak baik. Malah, bisa-bisa memupuk anak mempunyai sifat keras kepala.

Dalam mengajari atau menanamkan pola hidup disiplin pada anak membutuhkan proses.Sebagai orang tua kita harus bersabar dalam mengajarinya. Jika anak-anak melakukan kesalahan sebaiknya hindari pemberian hukuman dengan kekerasan, dibentak atau dimarahi. Biasakan ucapkan kata-kata lembut serta nasehat, ini bisa merangsang pikiran logika anak sehingga anak bisa menjadi lebih mengerti mana yang baik dan mana yang kurang baik.

Misalkan sikecil suka mencoret-coret didnding rumah dengan spidol atau pulpen. Jangan dilarang dengan dimarahi atau tindakan kekerasan. Salurkan atau arahkan kesukaan sikecil menjadi tindakan yang dapat memupuk kreativitas. Tempelkan saja kertas yang besar didinding dan biarkan sekecil corat-coret diatas kertas tadi. Sehingga anak bisa leluasa "menggambar" dan dinding atau tembok rumah juga "aman". Tumbuhkan kreativitas dalam setiap kegiatan yang dilakukan sibuah hati.

Dalam menanamkan pembelajaran pada anak tidak cukup hanya di sekolah saja. Pembelajaran pada buah hati anda bisa dilakukan dimana saja, seperti di jalan, di mobil, di Kolam renang dan lain lain. Ketika anak-anak melihat spanduk toko, penunjuk arah di jalan tol, banner, Billboard dan lain-lain, bacakan kalimat yang tertera pada anak. Jangan berfikir anak belum mengerti, balita saja sejak lahir sudah mengerti apa yang diucapkan oleh ibunya. Apalagi jika anak sudah memasuki usia 2 tahunan yang sudah banyak tahu dan sedikit bawel, Jawablah selalu pertanyaan anak secara jelas dan baik bukan secara asal-asalan.

Mudah-mudahan tips diatas membantu mendidik anak menjadi lebih disiplin, tidak manja dan penuh kreativitas.



Tag : tips
0 Komentar untuk "Tips Mendidik Anak Agar Disiplin"

Back To Top