Indahnya berbagi

Snack dari Roay atau Katopes

Roay atau Katopes adalah sejenis tanaman sayur-sayuran yang banyak tumbuh di negara beriklim tropis. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik baik di daerah dataran tinggi atau rendah. Cara menanam roay atau katopes relatif tidak sulit bahkan cukup gampang. Biji roay atau katopes yang akan dijadikan bibit harus yang sudah tua. Ditandai dengan sudah mengeringnya kulit bagian luar. Cari biji roay atau katopes yang mulus dan besar serta tidak terkena jamur.

Sebaiknya menanam roay atau katopes saat musim hujan, agar benih yang ditanam bisa tumbuh subur. Musim kemarau pun bisa asal rajin menyiram saat benih dalam proses pertumbuhan. Jika benih sudah tumbuh, siapkan media untuk tanama roay atau katopes merambat. Bisa menggunakan pagar bambu atau yang lain yang penting tanaman roay atau katopes bisa merambat. Pemasangan media rambat harus memperhatikan kemudahan ketika mengambil roay atau katopes saat panen kelak.

Pohon roay yang tumbuh subur
Tanaman Roay atau Katopes

Snack dari Biji Roay atau Katopes

Tanaman roay atau katopes bisa dipergunakan untuk berbagai kebutuhan, bisa untuk lalapan, sayuran atau dibikin makanan ringan/snack. Biji katopes atau roay yang sudah tua selain buat bibit bisa juga dibuat snack.

snack biji roay
Kupas biji roay
Petik roay atau katopes yang sudah tua, kemudian kupas kulit bagian luarnya. Untuk dibikin makanan ringan biji roay atau katopes bisa digoreng atau direbus, tergantung selera saja. Tambahkan garam atau penyedap rasa sesuai dengan selera. Nikmati biji roay atau katopes selagi hangat. Rasanya khas dan gurih snack dari biji roay atau katopes ini.



Tanaman roay yang sedang berbunga
Cukup mudah dan murah untuk menikmati snack yang bergizi disekitar kita. Manfaatkan halaman rumah atau lahan kosong disekeliling dengan menanam tanaman atau sayuran yang kelak hasilnya bisa kita nikmati dan rasakan. Selain udara yang segar, kita juga bisa merasakan buah atau sayuran yang kita tanam.
Tag : Info
Back To Top