Indahnya berbagi

Sejarah Lengkap Cikal Bakal PON


Kalau dunia punya perhelatan akbar olahraga yang dikenal dengan nama Olimpiade, di tanah air ada juga even olahraga serupa yang di ikuti oleh seluruh Provinsi Indonesia yaitu PON singkatan dari Pekan Olah raga Nasional. PON merupakan ajang bergengsi atlet tanah air untuk berkompetisi secara sehat menjadi yang terbaik demi mengharumkan nama Provinsi masing-masing. Dari ajang PON ini juga pemerintah menyeleksi atlet-atlet Nasional yang akan jadi duta dalam ajang olah raga internasional, semisal Olimpiade, SEA Games dan lain-lain. PON diselenggarakan setiap empat tahun sekali.

Sejarah Awal Pelaksanaan PON

Setelah Indonesia merdeka tepatnya tahun 1946 di Solo diadakan kongres olah raga tingkat nasional. Kongres ini menghasilkan badan olah raga nasional yang disebut PORI (Persatuan Olah raga Republik Indonesia). Tugas utama PORI yaitu mengurus semua kegiatan olah raga di tanah air dan sebagai koordinator cabang-cabang olah raga yang ada.

Tahun 1948 diselenggarakan Olimpiade ke-14 di London. Indonesia tidak bisa mengikuti karena PORI belum terdaftar sebagai anggota Internasional Olympic Committee (IOC). Beberapa Negara pada waktu itu masih belum mengakui kemerdekaan Indonesia. Atlet Indonesia yang akan ke London tidak bisa karena paspor Indonesia belum diakui oleh negara ratu Elizhabet.

Gagal mengirimkan atlet ke Olimpiade, PORI mengadakan kongres darurat. Hasilnya Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan olah raga sejenis Olimpiade skala nasional yaitu pekan olah raga. Yang akan berlangsung di kota Solo. Kenapa dipilih kota Solo? karena saat itu Solo yang memiliki fasilitas olah raga yang memenuhi standard seperti stadion Sriwedari. Selain itu banyak pengurus-pengurus PORI yang berdomisili di Solo. Akhirnya terselengaralah PON 1 di kota Solo yang berlangsung dari tanggal 8-12 September 1948. PON 1 merupakan pembuktian ke dunia internasional bahwa Indonesia yang baru merdeka, ditengah perang mempertahankan kemerdekaan mampu mengadakan even olah raga dalam rangka menggalang persatuan dan kesatuan melalui bidang olah raga.

Tidak terasa sekarang tahun 2016 pelaksanaan PON yang ke XIX akan berlangsung dan sebagai tuan rumah adalah Provinsi Jawa Barat. PON XIX berlangsung mulai tanggal 17-29 September 2016.

Salam Olah raga !

 




Tag : Penjas
0 Komentar untuk "Sejarah Lengkap Cikal Bakal PON"

Back To Top