Indahnya berbagi

Fakta Unik Cicak di Rumah


Sob, di rumah banyak Cicak ngak? hampir di setiap rumah binatang melata ini sangat mudah dijumpai. Biasa menempel didinding atau langit-langit. Sesekali mengendap-endap untuk memangsa serangga-serangga kecil. Sekali jilat, hap, nyamuk, laron dan lain-lain langsung di makan. Lidah Cicak sangat cepat sekali ketika menangkap mangsanya. Kebiasaan Cicak dalam menangkap mangsanya tertulis dalam sebuah syair lagu anak-anak. Cicak-cicak didinding. Mau dengerin lagu mp3 Cicak-cicak didinding? klik aja disini.


hukum membunuh cicak
Cicak

Fakta-fakta Unik Cicak Yang Jarang diketahui

Binatang melata yang mirip dengan Tokek ini mempunyai beberapa fakta unik yang menarik untuk diketahui.
  • Bisa menempel di dinding,  Mengapa Cicak bisa menempel dan berjalan di dinding? menurut para ahli bukan lem atau perekat yang membuat Cicak bisa menempel di dinding atau dahan pohon. Di kaki-kaki Cicak terdapat banyak bulu-bulu halus yang super tipis dengan ukuran ketipisan mencapai 200 Nanometer. Sangat jauh lebih tipis dari rambut manusia. Rambut-rambut halus ini yang membuat Cicak bisa menempel atau berjalan di dinding. 
  • Ekor Cicak juga mempunyai fungsi unik. Ketika Cicak dikejar oleh hewan pemangsa, untuk meloloskan diri Cicak tidak segan-segan untuk membiarkan ekornya putus untuk mengelabui predator. Ekor Cicak yang putus bisa tumbuh kembali dengan cepat.
  • Kotoran Cicak berbahay. Hati-hati dengan kotoran Cicak yang jatuh dari atas dan mengenai makana yang terletak dibawahnya. Kotoran Cicak mengandung bakteri E. Coli yang berbahaya bagi tubuh manusia.
  • Bagi umat muslim membunuh Cicak akan mendapat pahala 100 kebaikan, jika membunuhnya hanya dengan satu kali pukulan. (HR. Muslim, 146/2240, Abu Daud No. 5263, Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 3442, Al Baghawi dalam Syarhus Sunnah No. 3266) 
  • Di Thailand, Cicak dimakan sebagai obat alternatif bagi penyakit yang tidak sembuh dengan obat modern. 
  • Salah satu hewan yang dijadikan media sihir atau penjelmaan dari jin. (HR. Thabrani, Hakim, Baihaki dengan sanad yang shahih). "Bahwasannya jin itu terdiri dari tiga kelompok. Pertama, jin yang selalu beterbangan (melayang) di udara, kedua, jin dalam wujud hewan melata dan ketiga, jin yang mempunyai tempat tinggal dan suka bepergian" 
  • Terakhir, menjadi salah satu hewan yang jadi judul lagu anak-anak yang populer, cicak di dinding he..he..
Demkian beberapa informasi unik tentang Cicak yang suka menempel di dingding-dinding rumah kita.


Tag : Info
1 Komentar untuk "Fakta Unik Cicak di Rumah"

Back To Top