Indahnya berbagi

Contoh-contoh Gaya

Berbagai kegiatan dalam kehidupan sehar-hari kita tidak terlepas dari Gaya. Apa yang dimaksud dengan Gaya? Gaya secara sederhana adalah tarikan atau dorongan yang berpengaruh pada suatu benda. Selain itu Gaya juga bisa diartikan penyebab dari timbulnya suatu percepatan atau perlambatan. Dalam ilmu pengetahuan Gaya pertama kali ditemukan oleh fisikawan dari Inggris, Sir Isaac Newton. 

Macam-macam Gaya Berdasarkan Penyebabnya

  • Gaya Listrik, Gaya yang sumbernya dari muatan listrik contohnya kipas angin yang berputar setelah dialiri energi listrik.
  • Gaya Magnet, Gaya yang diakibatkan dari magnet contohnya penutup tas sekolah yang menempel saat berdekatan karena didalamnya ada dua buah magnet yang berbeda kutub.
  • Gaya Pegas, Gaya yang sumbernya dari pegas contohnya alat penjebak tikus yang menggunakan per atau pegas saat menjebak tikus.
  • Gaya Mesin, Gaya sumbernya dari mesin contohnya sepeda motor / mobil yang bergerak karena bantuan mesin.
  • Gaya Gravitasi, Gaya tarik yang diakibatkan oleh bumi contohnya buah mangga yang jatuh ke tanah ketika matang.
Karena Gaya memiliki nilai dan arah maka Gaya merupakan besaran Vektor. Oleh karena itu Gaya bisa diukur. Alat pengukur Gaya yaitu Neraca Pegas atau dinamometer. Satuan untuk menghitung Gaya adalah N (Newton).


Tag : IPA
0 Komentar untuk "Contoh-contoh Gaya"

Back To Top