Indahnya berbagi

Cina, Pengguna Uang Kertas Pertama di Dunia


Dahulu orang menggunakan sistem barter untuk memperoleh sesuatu yang dibutuhkan. Seorang petani ingin atau membuthkan ikan segar, maka ia akan membarter padi atau beras dengan ikan dari nelayan. Jadi, barter adalah kegiatan tukar menkar barang tanpa perantara mata uang.

Sebenarnya penggunaan uang sebagai alat transaksi sudah berlaangsung sejak jaman sebelum masehi. Karena sistem barter terdapat beberapa kendala, untuk memudahkan proses jual beli akhirnya dipakailah uang. Bentuk uang yang dilakukan sebagai alat transaksi jaman dulu tentu saja berbeda dengan jaman sekarang. Dikutip dari website time.com, Dinasti Tang di tahun 618-907 penduduknya mulai menggunakan uang kertas untuk jual beli. Bangsa Cina adalah pelopor penggunaan uang kertas sebagai alat transaksi jual beli. Sebelumnya bangsa Cina juga menggunakan uang logam, namun karena uang logam sulit untuk dibawa kemana-mana dalam julah besar, akhirnya mereka menggunakan uang kertas yang mudah untuk dibawa kemana-mana.



Bangsa Eropa baru menggunakan uang kertas sebagai alat transaksi sejak abad ke-17. Sejak itu akhirnya bangsa-bangsa diseluruh dunia semakin banyak yang menggunakan uang kertas untuk transaksi jual beli.






Kini uang kertas dipergunakan hampir diseluruh dunia untuk keperluan berbagai transaksi jual beli. Aneka ragam corak dan bentuk uang kertas yang beredar diseluruh dunia dengan berbagai nilai tukar. Uang kertas di Negara kita dibuat oleh PERURI yang salah satu pabriknya berada di Karawang.


Tag : Info
0 Komentar untuk "Cina, Pengguna Uang Kertas Pertama di Dunia"

Back To Top