Indahnya berbagi

Cara Agar Daging Domba Empuk Dan Tidak Bau

Lebara haji atau Idul Adha disebut juga Hari Raya Kurban. Umat muslim yang saat itu diberi kelapangan rizki disunatkan untuk menyembelih hewan kurban. Hewan kurban yang disembelih adalah hewan ternak yang  memenuhi kreteria syarat sebagai hewan kurban. Di Indonesia hewan ternak yang bisa dijadikan untuk hewan kurban seperti Sapi atau kerbau, kambing atau domba. Daging-daging hewan ini di hari raya Idul Adha ini bakalan banyak dijumpai dimana-mana. Selama Hari Tasyrik pemotongan hewan kurban dilaksanakan diseluruh dunia.

Mengolah daging domba atau kambing harus dengan cara khusus karena daging kambing atau domba mempunyai bau khas. Bahkan sebagian orang tidak suka mengkonsumsi daging domba atau kambing karena bau khasnya ini. Jika diolah dengan baik dan benar bau khas daging kambing atau domba bisa berkurang atau bahkan hilang.

Tips Mengolah Daging Domba

Daging domba atau kambing bisa dibuat menu makan yang sangat menarik dan menggugah selera. Berikut ini tips mengolah daging kambing atau domba menjadi menu santap yang nikmat.
  • Sumber bau khas dari daging kambing atau domba berasal dari lemak yang menempel pada daging. Kurangi atau buang lemak akan mengurangi bau "prengus" pada daging kambing atau domba. Namun kalau anda mau membuat sate kambing atau domba kalau tanpa lemak, rasa gurihnya sedikit berkurang. Untuk memudahkan memisahkan lemak pada daging domba atau kambing, simpan daging dalam lemari es. Setelah beku lebih mudah untuk memisahkan lemaknya.
  • Jika akan membuat sate kambing atau domba, daging jangan dicuci untuk mengurangi bau amis. Jadi saat mengolah kambing setelah dipotong usahakan agar daging tidak kotor.
  • Agar daging kambing atau domba lebih empuk saat di sate atau dimasak, gunakan  daun pepaya yang sudah di remas-remas oleh tangan dan balurkan ke daging. Getah dari daun pepaya membantu daging menjadi lebih empuk.
  • Nanas yang sudah diparut dan dibalurkan ke daging kambing atau domba juga bisa membantu daging menjadi empuk dan cepat matang.
  • Rendam dengan susu, daging kambing atau domba yang direndam dengan susu segar bisa menjadi lebih lunak.Untuk hasi; yang baik sebaiknya rendam daging selama satu hari.
  • Lumuri dengan jeruk nipis bisa membantu daging kambing atau domba menjadi lebih empuk dan mengurangi  bau khasnya. 
Demikian beberapa tips mengolah daging domba atau kambing agar lebih nikmat saat diolah menjadi menu masakan.
Tag : tips
0 Komentar untuk "Cara Agar Daging Domba Empuk Dan Tidak Bau"

Back To Top