Indahnya berbagi

Warna Primer dan Sekunder

Contoh warna-warna primer adalah merah. biru dan kuning. Ketiga warna tadi merupakan warna dasar atau warna utama. Biasa disebut dengan nama warna primer. Apa yang dimasud dengan warna primer? warna primer adalah warna dasar untuk membentuk warna-warna yang lain. Warna primer tidak terbentuk dari campuran-campuran warna lain. Sebaliknya jika warna primer dicampur akan menghasilkan warna yang lain.

Percampuran 2 warna primer dengan komposisi 1 banding 1 akan menghasilkan warna  yang disebut dengan warna sekunder atau warna kedua. Contoh-contoh dari warna sekunder :
  • Orange, berasal dari pencampuran warna primer kuning dan merah
  • Hijau, berasal dari pencampuran warna primer kuning dan biru
  • Ungu, berasal dari pencampuran warna primer biru dan merah
Warna sekunder tidak hanya warna Orange, Hijau atau Ungu jika komposisi pencampurannya bukan 1 banding 1.



Setelah warna primer dan sekunder, dikenal juga warna tersier. Apa yang disebut warna tersier? warna tersier adalah warna yang terbentuk dari percampuran salah satu warna primer dan salah satu warna sekunder.

Jika warna primer yaitu merah kuning dan biru dicampurkan dengan komposisi yang tepat maka akan menghasilkan warna hitam. Warna hitam hasil pencampuran tadi disebut juga warna netral. Warna netral merupakan hasil campuran ketiga warna dasar tetapi tidak dalam komposisi tepat sama. Warna ini sering muncul sebagai penyeimbang warna-warna kontras di alam. Dalam prakteknya untuk menghasilkan warna hitam, pencampuran pigmen merah, kuning dan hijau harus originil jika tidak biasanya hanya menghasilkan warna kecoklatan.





Tag : School
Back To Top