Indahnya berbagi

Sejarah Ringkas Pramuka Indonesia Sejak Jaman Kemerdekaan


Nama Boden Powell dalam gerakan Pramuka tentu sudah tidak asing lagi. Sebagai Bapak Pramuka dunia (Chief Scout of The World) riwayat dan Biografi Boden Powell tercatat dalam sejarah Pramuka internasional. Boden Powell Lahir tanggal 22 Pebruari 1857, pernah bertugas sebagai tentara dengan pangkat terakhir Letnan Jendral, beliau meninggal tanggal 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika. Kumpulan pengalaman Boden Powell selama bertugas jadi tentara dicatat dalam buku yang diberi judul “Scouting For Boys". Buku ini cepat tersebar di Inggris juga negara-negara lain diantaranya Belanda.

Kalau di Inggris organisasi Pramukanya bernama nama Boys Scout, di Belanda bernama Padvinder. OLeh orang-orang Belanda gagasan Boden Powell dibawa ke negera jajahan. DI Indonesia gerakan Pramuka jaman Belanda dikenal dengan nama NIPV (Nederland Indische Padvinders Vereeniging = Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda). Tokoh-tokoh gerakan Nasional pun membentuk organisasi Pramuka dengan nama Pandu atau Kepanduan yang dicetuskan oleh K.H. Agus Salim. Saat itu banyak  sekali organisasi Kepanduan bermunculan seperti JPO (Javaanse Padvinders Organizatie) JJP (Jong Java Padvindery), NATIPIJ (Nationale Islamitsche Padvindery), SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvindery), HW (Hisbul Wathon).

Pada era penjajahan Jepang, Kepanduan (Pramuka) Indonesia dilarang, oleh karena itu banyak anggota organisasi Kepaduan yang bergbung menjadi anggota Keibondan, Seinendan dan PETA. Setelah Indonesia merdeka  pada tanggal 28 Desember 1945 di Sala dibentuk Pandu Rakyat Indonesia  sebagai satu-satunya organisasi kepanduan.

 Namun tahun 1961 kepanduan Indonesia kembali terpecah menjadi 100 organisasi kepanduan yang terhimpun dalam 3 federasi organisasi yaitu IPINDO (Ikatan Pandu Indonesia) berdiri 13 September 1951, POPPINDO (Persatuan Pandu Puteri Indonesia) tahun 1954 dan PKPI (Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia).  

Untuk menghindari perpecahan dalam Kepanduan, Perdana Menteri Ir. Juanda mengeluarkan  Keppres No. 238 tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka yang  pada tanggal 20 Mei 1961 ditandatangani oleh Pjs Presiden RI Ir Juanda karena Presiden Soekarno sedang berkunjung ke Jepang. Di dalam Keppres ini gerakan pramuka oleh pemerintah ditetapkan sebagai satu-satunya  badan di wilayah Indonesia yang diperkenankan menyelenggarakan pendidikan kepramukaan, sehingga organisasi lain yang menyerupai dan sama sifatnya dengan gerakan  pramuka dilarang keberadaannya




sumber : http://www.academia.edu/
Tag : Pramuka
Back To Top