Indahnya berbagi

Apa Itu Peta dan Sejarah Pembuatan Peta


Apa yang sobat lakukan jika tidak tahu arah dan lokasi pada suatu tempat yang asing atau pertamakali dikunjungi? pasti lihat Peta dan kompas. Meskipun sekarang sudah ada GPS dan aplikasi digital untuk menentukan arah dan lokasi, Peta suatu daerah atau wilayah masih tetap dibutuhkan. Peta adalah gambaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada suatu bidang datar dengan skala tertentu. Lalu siapakah yang membuat Peta? orang yang membuat Peta disebut dengan kartografer atau ahli kartografi.

Sekarang dengan bantuan komputer dan software aplikasi pembuat peta, membuat Peta jauh lebih mudah dan akurat. Dengan teknologi GPS titik-titik koordinat bisa dengan mudah diketahui. Dengan software-software canggih seperti Autodesk, Arcgis, Global mapper, google map, bing map dan lain-lain pembuatan peta jauh lebih mudah.

Jaman dahulu belum dikenal teknlogi digital dan GPS seprti sekarang pembuatan Peta masih sederhana. Peta pertama dunia yang dianggap paling lengkap adalah Peta Piri Reis. Peta dunia ini dibuat oleh Hac─▒ Ahmed Muhiddin Piri atau terkenal dengan nama Piri Reis. Beliau adalah seorang kartografer muslim dan pelaut pada jaman ke Sultanan Ottoman Turki. Peta Piri Reis ini di tulis diatas kulit rusa dan di tanda tangani pada Muharam 919 Hijriyah atau 9 Maret – 7 April 1513 Masehi oleh sang pembuat yaitu Ahmed Muhiddin Piri. (Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Piri_Reis)




Tag : School
Back To Top