Indahnya berbagi

Pendiri Masjid Luar Batang Penjaringan

Ribuan penziarah atau pengunjung setiap tahunnya yang datang ke Luar Batang. Lokasi wisata religi yang terletak dibagian utara ibukota ini sudah terkenal keseluruh penjuru nusantara sejak dahulu bahkan beberapa negara asia dan afrika. Nama keramat Luar Batang tidak lepas dari sosok ulama penyebar agama islam di Jakarta yang berasal dari Hadramaut, Yaman yaitu Al Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus adalah sekaligus pendiri Masjid Luar Batang. Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus wafat 24 Juni 1756 M.

Di lokasi ziarah Luar Batang terdapat dua makam yaitu makam Al Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus sendiri dan makam Haji Abdul Kadir yang konon adalah salah satu muridnya.Menurut cerita Haji Abdul Kadir adalah murid Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus keturunan Tionghoa (Cina). Sedangkan nama Luar Batang sendiri konon berasal dari cerita turun temurun saat habib wafat. Belanda pada waktu itu mengeluarkan peraturan bahwa jika ada pendatang yang meninggal harus dimakamkan di wilayah Tanah Abang. Menurut cerita saat jasad Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus diusung diatas keranda yang terbuat dari bambu (kurung batang) untuk dimakamkan di Tanah Abang, ditengah jalan jenazah tidak ada dalam kurung batang. Jenazah ditemukan kembali di kediamannya disekitar masjid. Hal ini konon berulang hingga tiga kali. Akhirnya jenazah dimakamkan disekitar kediamannya. Dan sejak itu daerah ini dinamakan Luar Batang.

Lokasi dan cara akses ke Masjid Luar Batang

Masjid Keramat Luar Batang beralamat di Jalan Luar Batang V No. 1 RT 4/3 Penjaringan, Jakarta Utara, Propinsi DKI Jakarta, Indonesia.

Masjid Luar batang, picture: thearoengbinangproject.com
Peta Lokasi




Informasi lainnya terkait Luar batang klik disini



Tag : School
0 Komentar untuk "Pendiri Masjid Luar Batang Penjaringan"

Back To Top