Indahnya berbagi

Pengertian Kali dan Jenisnya


Di musim hujan seperti sekarang, menjaga kebersihan kali (bukan kalijodo) atau sungai sangat penting. Kali yang tersumbat oleh sampah atau dangkal bisa mengakibatkan air meluap yang akan mengakibatkan banjir. Dikala musim hujan debit air sungai atau kali lebih besar dibanding saat musim kemarau. Oleh karena itu kelancaran air yang mengalir di sungai saat musim hujan bisa mencegah bahaya banjir.

Pengertian kali atau sungai

Sungai atau kali adalah saluran air tawar yang terbentuk secara alamiah yang mengalir dari dataran lebih tinggi (hulu) ke dataran lebih rendah. Ujung atau muara dari kali umumnya adalah ke laut tetapi ada juga yang ke danau atau ke sungai yang lebih besar. Proses terbentuknya sungai, ketika terdapat sumber air akan terbentuk saluran air yang akan mengalir kearah yang rendah. Awalnya kecil tapi secara alami semakin besar dan akhirnya terbentuk sebuah sungai atau kali.

bukan kali jodo

 Jenis sungai berdasarkan debit air

  1. Sungai permanen, jenis sungai ini memiliki debit air yang stabil atau permanen baik saat musim kemarau atau saat musim hujan. Air yang mengalir di kali ini sepanjang tahun relatif sama atau stabil.
  2. Sungai periodik, jenis sungai ini memiliki debit air yang berbeda tiap musim. Jika musim hujan debit air yang mengaliri sungai lebih besar dan sebaliknya jika musim kemarau, debit airnya lebih sedikit.
  3. Sungai episodik, jenis kali yang saat musim hujan airnya kering sama sekali dan kalau musim hujan debit air yang mengalir sangat banyak.
Dari ketiga jenis sungai diatas, kira-kira masuk ke jenis sungai yang mana, kali yang terdapat di kampung sob dihira?


Tag : IPA
0 Komentar untuk "Pengertian Kali dan Jenisnya"

Back To Top