Indahnya berbagi

Pengertian Elektromagnetik Dan Contoh-contohnya

Magnet yang dibuat dengan menggunakan arus listrik dinamakan elektro magnet atau magnet listrik. Lilitan kawat email pada sebuah logam besi atau baja yang dialiri arus listrik dapat merubah logam baja atau besi menjadi sebuah magnet. Hal ini terjadi sesuai dengan teori yang disampaikan oleh ahli fisika Denmark, Hans Christian Oersted pada tahun 1820 " bahwa disekitar arus listrik terdapat medan magnet ". Berdasarkan teori ini, magnet listrik pertama dibuat di dunia dengan menggunakan ladam besi yang diberi 18 lilitan kawat. Adalah William Sturgeon manusia pertama yang berexperimen membuat magnet listrik ini.

Pengertian dari Elekromagnetik

Hisyam
Elektromagnetik adalah proses terbentuknya magnet listrik pada logam misal besi atau baja yang dililiti oleh kawat (biasa menggunakan kawat email) yang berarus listrik (kumparan listrik), Besarnya daya magnet yang dihasilkan dipengaruhi oleh jumlah lilitan dan kuat arus listrik. Keunggulan magnet buatan yang dibuat dengan cara elektromagnetik adalah sifat kemagnetannya bisa dikontrol dengan mudah. Misal untuk menghilangkan sifat magnetnya kita tinggal memutuskan arus listrik.

Elektromagnetik dalam kehidupan manusia banyak sekali diterapkan, banyak dijumpai peralatan yang menerapkan system elektromagnetik dalam cara kerjanya. Beberapa contoh penerapan elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Bel listrik
  2. Kunci pintu
  3. Selenoid
  4. Trafo listrik
  5. Speaker
  6. Relay
  7. Klakson motor
  8. Kompor induksi
  9. Motor Kipas angin
  10. Microphone
  11. Jam tembok
  12. Dan lain-lain
Masih banyak lagi peralatan-peralatan dan produk-produk elektronik yang menerapkan system elektromagnetik.




0 Komentar untuk "Pengertian Elektromagnetik Dan Contoh-contohnya"

Back To Top