Indahnya berbagi

Mengapa Musim Hujan Banyak Petir


Beberapa hari ini daerah Karawang dan sekitarnya di guyur hujan. Hampir setiap hari baik pagi , siang dan malam terjadi hujan mulai dari intensitas rendah hingga tinggi. Terkadang hujan juga disertai suara petir atau guluduk. Sob sudah tahu apa itu petir atau guludug.

Petir menurut ilmu pengetahuan

Menurut ilmu pengetahuan proses terjadinya atau terbetuknya petir adalah karena muatan-muatan yang terkandung di awan saling bergesekan satu sama lain ketika awan bergerak. Sehingga ketika terjadi beda potensial akan terbentuk petir  dimana secara kasat mata terlihat seprti kilatan cahaya listrik yang besar yang dibarengi suara mengelegar. Beda potensial antara muatan bumi dan awan akan menimbulkan loncatan atau pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi. Sering kita saksikan terjadinya  petir sebelum, saat atau sesudah terjadinya hujan. Ilmu fisika mengatakan petir adalah lompatan bunga api raksasa antara dua massa dengan medan listrik berbeda. Energi yang dihasilkan oleh petir sangat besar sekali. Dalam kehidupan sehari-hari bisa kita lihat seperti yang terjadi pada busi motor, mobil, pemantik kompor gas dan lain-lain. Energi yang dihasilkan oleh petir sangat besar sekali

proses terjadinya petir

Baca : koq magnet menempel ya

Efek sambaran petir yang mengenai ke bumi bisa berakibat fatal sekali. Saat terjadi hujan yang disertai petir sebaiknya kita berlindung ke tempat yang aman dan lebih rendah. Karena petir kalau di lapangan yang terbuka akan menyambar area yang lebih tinggi dibanding yang rendah. Jangan berlindung dibawah pohon, banyak kejadian sambaran petir ke pohon berakibat fatal juga terhadap orang yang berlindung di bawah pohon.

Baca : Penangkal petir Aktif
Tag : School
Back To Top