Indahnya berbagi

Cari Ikan Dengan Nganco Tidak Dilarang


Setiap musibah pasti ada hikmahnya, bunyi pepatah yang sering kita dengar. Musibah banjir bukan sesuatu yang aneh dikala musim hujan, Hampir setiap tahun jika musim hujan banjir melanda beberapa wilayah di tanah air. Namun, banjir bagi tukang nganco bisa mendatangkan rejeki. Dikala banjir biasanya banyak ikan yang berhasil ditangkap.

Baca : Kenapa musim hujan banyak petir


Menangkap ikan cara tradisional
Nganco di walungan / sungai

Nganco merupakan salah satu cara menangkap ikan dengan sistem tradisonal. Biasa dilakukan saat air sungai sedang banjir atau meluap. Anco ditempatkan dipinggir sungai. Tukang nganco biasanya sudah hapal posisi-posisi yang diperkirakan akan banyak ikan. Setelah anco diturunkan ke dalam air sungai, setiap 3 menit atau 5 menit, anco diangkat untuk melihat hasil tangkapan. Ikan-ikan yang ditangkap dengan anco sangat segar dan utuh tidak cacat seperti di pancing atau setrum ikan. Dan rasa ikannnya lebih gurih dan lezat.

Cara menangkap ikan dengan nganco tentu saja tidak dilarang karena tidak merusak lingkungan dan memusnahkan habitat ikan.

Air sungai meluap saat banjir
Air sungai meluap
Meski saat banjir nganco bisa dapat banyak ikan, tukang nganco berfikiran sama yaitu sama-sama tidak mengharapkan banjir.Karena musibah banjir sangat merugikan bagi semua orang.


Tag : Info
0 Komentar untuk "Cari Ikan Dengan Nganco Tidak Dilarang"

Back To Top