Indahnya berbagi

Pengertian Dan Macam-macam Simbiosis


Kata Simbiosis berasal dari kata Sym dan Biosis yang berasal dari bahasa Yunani. Sym mengandung arti dengan dan Biosis mengandung arti kehidupan. Pengertian Simbiosis sendiri adalah hubungan timbal balik antara 2 (dua) mahluk hidup yang saling berdampngan atau berhubungan. Mahluk hidup yang melakukan Simbiosis dikenal dengan nama Simbion. Bermacam-macam jenis Simbiosis yang dilakukan oleh mahluk hidup.

contoh simbiosis mutualisme
Simbiosis kerbau dan burung jalak


Macam-macam Simbiosis
  1. Simbiosis Mutualisme, jenis simbiosis ini contohnya dilakukan antara burung Jalak dan Kerbau. Kedua hewan ini melakukan Simbiosis Mutualisme yaitu hubungan antara mahluk hidup yang saling menguntungkan.
  2. Simbiosis Paratisme, jenis simbiosis ini dicontohkan seperti hubungan antara benalu dengan pohon mangga (inangnya), Hubungan yang terjadi antara benalu dan pohon mangga salah satunya ada yang dirugikan dan diuntungkan. Simbiosis Paratisme adalah hubungan antara 2 (dua) mahluk hidup yang satu mendapatkan keuntungan dan lainnya mendapatkan kerugian.
  3. Simbiosis Komensalisme yaitu hubungan antara 2 (dua) mahluk hidup dimana yang satu mendapat keuntungan dan yang lainnya tidak dirugikan atau diuntungkan.Misalnya terjadi pada anggrek dan pohon inangnya.
  4. Simbiosis Amensalisme, simbiosis ini dicontohkan seperti yang terjadi antara gulma dan tananman produksi misal padi. Tumbuhnya gulma bisa berefek terganggunya pertumbuhan pada padi. Jadi Simbiosis Amensalisme adalah suatu hubungan timbal balik antar 2 (dua) mahluk hidup dimana salah satunya menekan pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup lainnya.
  5. Simbiosis Kompetisi, Contoh-contoh Simbiosis Kompetisi yang dilakukan oleh mahluk hidup seperti yang dilakukan oleh singa-singa jantan dalam mencari makanan, antara sapi dan kambing saat di padang rumput. Simbiosis Kompetisi adalah simbiosis yang dilakukan oleh mahluk hidup dimana keduanya sama-sama dirugikan.
  6. Simbiosis Netralisme, yaitu hubungan yang netral karena tidak menguntungkan maupun merugikan bagi kedua pihak. Contoh-contoh Simbiosis Netralisme seperti yang terjadi antara kambing dan burung hantu.
Kalau sob dhira punya PR tentang contoh-contoh simbiosis tinggal menambahkan saja contoh yang sejenis. Kalau belum bisa dibaca lagi pengertian dari jenis simbiosisnya. Semoga bermanfaat...
Tag : IPA
Back To Top