Indahnya berbagi

5 Negara Pendiri PBB

logo perserkatan bangsa-bangsa


PBB merupakan singkatan dari Persatuan Bangsa-Bangsa (United Nations) adalah sebuah organisasi internasional untuk mendorong kerjasama berbagai negara yang dibentuk tanggal 24 Oktober 1945. Anggota dari PBB hampir seluruh negara di dunia. Tujuan dari dibentuknya organisasi ini adalah untuk memfasilitasi kerjasama antar negara di seluruh dunia dalam hal hukum internasional, pengamanan internasional, lembaga ekonomi, dan perlindungan sosial. Berikut secara lengkap tujuan dari dibentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa :

  1. Memelihara perdamaian dan keamanan internasional.
  2. Mengembangkan hubungan persaudaraan antar bangsa berdasarkan pada asas­-asas persamaan derajat, hak untuk menentukan nasibnya sendiri, dan tidak mencampuri urusan dalam negara negara lain.
  3. Menyelesaikan perselisihan dengan cara damai dan mencegah timbulnya peperangan.
  4. Mengembangkan kerjasama secara internasional dalam memecahkan masalah-­masalah ekonomi, sosial, budaya,dan kemanusiaan.
  5. Menjadikan pusat kegiatan bangsa di dunia dalam mencapai kerja sama yang harmonis untuk mencapai tujuan pendirian PBB.
  6. Memajukan dan menghargai setiap hak asas manusia dan kebebasan atau kemerdekaan fundamental tanpa membeda­bedakan jenis kelamin, agama, warna kulit, dan bahasa.

Berdirinya PBB sebagai organisasi internasional di pelopori oleh 5 negara yaitu :
  1. Rusia
  2. Amerika Serikat
  3. Inggris
  4. Perancis
  5. RRC
Sebagai negera pendiri PBB ke lima negara tadi memiliki hak khusus di organisasi ini yaitu hak veto. Dengan memiliki hak ini ke lima negara tadi bisa membatalkan eksekusi keputusan yang dihasilkan oleh Dewan Keamanan PBB.

Demikian sob sekilas info mengenai PBB sebagai organisasi internasional yang tugasnya seperti Polisi Dunia.
Tag : PBB
0 Komentar untuk "5 Negara Pendiri PBB"

Back To Top