Indahnya berbagi

Kujang Pusaka Suku Sunda

senjata pusaka suku sunda
Kujang

Setiap daerah atau suku di tanah air mempunyai senjata khas yang tidak dijumpai di daerah lain. Suku sunda di daerah Jawa barat mempunyai senjata unik warisana leluhur yaitu Kujang. Selain sebagai senjata Kujang juga merupakan perkakas untuk membantu dalam mengolah pertanian. Diyakini sejak ratusan tahun lalu Kujang telah dipergunakan oleh masyarakat di tatar pasundan.

Kesan magis pada kujang pusaka dipercaya oleh masyarakat sunda kuno. Oleh karenanya Kujang dipercaya sebagai senjata yang memiliki kekuatan gaib, dijadikan ajimat untuk menolak bala atau menghalau musuh. Orang sunda kuno biasa meletakan kujang dalam peti. ditempat tertentu dalam rumah atau ditempat tidur. (Hazeu, 1904 : 405-406).

Baca : model ikat kepala orang sunda

Konon nama kujang berasal dari dua kata sunda kuno yaitu Kudi dan Hyang. Makna dari kata kudi adalah senjata yang mempunyai kekuatan gaib. Dan Hyang dalam beberapa mitologi disejajarkan dengan dewa, namun masyarakat sunda kuno menggambarkan Hyang kedudukannya di atas dewa. Kujang dibuat atau dibentuk oleh seorang yang disebut dengan nama guru Teupa. Sebelum kujang dibuat guru teupa melakukan ritual khusus agar senjata yang dibuat sempurna.

Meski kini Kujang sudah tidak dpergunakan lagi sebagai senjata atau perkakas bagi urang sunda, kujang tetap dijadikan sebagai simbolnya warga masyarakat Jawa Barat.




Tag : Sunda
0 Komentar untuk "Kujang Pusaka Suku Sunda"

Back To Top