Indahnya berbagi

Bahaya Remis Bagi Kesehatan Anak?

Aneh juga kalau sekarang melihat orang yang jualan remis. Dulu, remis itu tidak ada orang yang menjual. Kalau mau masak remis tinggal pergi saja ke walungan (bahasa sunda karawang untuk sungai). Asal mau berendam dan gatal-gatal sedikit di walungan tadi sudah bisa membawa remis pulang sepuasnya. Remis itu bentuknya mirip kerang tapi lebih kecil. Kalau di tempat dhira banyak terdapat di sungai-sungai atau saluran irigasi.Kerang air tawar ini banyak terdapat di dasar sungai. Tinggal keruk atau comot pasir atau lumpur dari dasar sungai, sobat sudah bisa mendapatkan remis. Kalau mau dimasak sebaiknya remis didiamkan dulu minimal sehari didalam air bersih agar pasir-pasir atau kotoran remis keluar.

menu makan remis
Remis sudah dimasak
Remis langsung di masak juga sebenarnya tidak apa-apa, asalkan dicuci dengan bersih. Kalau tidak akan banyak pasir yang ikut terbawa dalam hidangan remis. Rasa daging kerang air tawar ini sangat khas dan gurih. Kalau digigit dagingnya kenyal-kenyal. Enak sekali kalau dimakan ketika masih hangat, Biasa dimasak dengan berkuah, kuah ini pun rasanya enak, kalau remisnya sudah habis kuah hangat ini di suruput segar sekali.

dhira asyiik makan remis
Kompak makan remis

Dhira, Hisyam dan Icha suka juga makan remis, malah sambil rebutan. Alhamdulillah ternyata mereka suka juga masakan khas daerahnya, Karena ternyata remis itu menurut para ahli bergizi dan menyehatkan. Mengkonsumsi remis bagi anak-anak tidak berbahaya malah menyehatkan asalkan dimakan tidak berlebihan dan secukupnya. Beberapa khasiat atau manfaat remis bagi kesehatan :
  • Baik untuk jantung, karena terdapat kandungan selenium, zat besi, asam folat, vitamin A, vitamin B, seng dan yodium, unsur kimia yang membantu tiroid yang kurang aktif untuk memproduksi tirosin. Kandungan asam lemak omega-3, asam folat serta vitamin B12, yang tinggi dalam remis merupakan nutrisi yang berkontribusi membantu mengatasi kelelahan, kebingungan dan kerusakan saraf.
  • Kandungan kalori dalam remis cukup tinggi, 3 ons remis bisa mengandung kalori 145-150, sukup baik sebagai sumber energi jika dikonsumsi sebagai lauk pauk.
  • Mengandung Protein yang tinggi, baik untuk pertumbuhan dan menambah masa otot.
  • Remis cukup mengandung Vit A, baik untuk kesehatan mata.
  • Dipercaya dan banyak dipergunakan sebagai obat alami untuk mengobati sakit kuning atau hepatitis B
Demikian beberapa manfaat dari mengkonsumsi remis, ternyata makanan bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh banyak dijumpai disekitar kita, mudah dan murah.
Tag : Info
0 Komentar untuk "Bahaya Remis Bagi Kesehatan Anak?"

Back To Top