Indahnya berbagi

Khasiat Dibalik Buah Mangga Indramayu

Rahasia akan khasiat atau manfaat mengkonsumsi buah bagi kesehatan sudah bukan rahasia lagi. Mengkonsumsi buah secukupnya sangat bermanfaat bagi tubuh baik untuk balita, anak-anak, dewasa dan orang tua. Salah satu jenis buah yang banyak dijumpai dan tumbuh subur di tanah air adalah buah mangga. Khasiat dan manfaat mengkonsumsi buah mangga tidak kalah dengan mengkonsumsi buah-buah impor, bahkan lebih berkhasiat bagi tubuh karena saat dikonsumsi buah masih fresh. Jenis buah mangga asli Indonesia yang banyak dijumpai dimana-mana yaitu buah mangga indramayu, kalau di tempat dhira namanya mangga cengkir. Kelebihan jenis mangga cengkir atau mangga indramayu ini adalah mempunyai daging yang tebal dan lebih tahan lama, tidak cepat busuk. Oleh para penjual, jenis mangga indramayu di jual dengan harga yang lebih mahal dibanding jenis mangga lain.

panen mangga indramayu
Mangga di makan kelelawar

Kenapa buah mangga berkhasiat ?

Rasa buah mangga yang manis dan sedikit asem sangat digemari oleh lidah orang Indonesia. Apalagi buah mangga yang masih "mengkel" yaitu buah mangga yang sudah tua tapi belum matang, sangat enak kalau dibuat rujak di siang hari yang sedang panas terik, ajip.


kandungan dan khasiat buah mangga segar
Buah mangga matang di pohon

Buah mangga selain enak untuk dimakan juga berkhasiat bagi tubuh karena memiliki zat-zat yang berguna bagi tubuh seperti :

  • Vitamin C, kandungan vitamin C dalam buah mangga lumayan tinggi,100 gram mangga matang memiliki kandungan vitamin C sebanyak 41 mg, bahkan kandungan mangga muda lebih besar hingga 65 mg. Manfaat dari vitamin C salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi, membantu penyembuhan luka, Mencegah kanker, memperbaiki kulit,menurunkan resiko serangan jantung, mencegah stroke dan lain-lain.
  • Serat alami, sangat baik untuk membantu sobat yang bermasalah dengan sistem pencernaan. Seperti yang diketahui serat sangat berguna bagi tubuh manusia.
  • Beta karoten, senyawa kimia alami yang terdapat pada buah atau sayuran yang berwarna merah kuning, ungu dan hijau tua. Beta karoten salah satu antioksidan bagi tubuh untuk melindungi dari kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.
  • Selain mengandung vitamin C dan beta karoten, buah mangga juga mengandung zat-zat lainnya yang berguna bagi tubuh semisal : Gula, karbohidrat, Protein, Vitamin B, Riboflavin, Niacin, Asam Pantotenant, Vitamin B6, Folat, Vitamin E, Kalsium,  Zat besi, Magnesium, Fosfor, kalium, Seng.
Ternyata, buah mangga kaya akan zat-zat yang berguna bagi tubuh manusia jika dikonsumsi secukupnya. Jadi tidak perlu buah impor untuk hidup sehat, dengan mengkonsumsi buah lokal yang harganya ekonomis dan banyak dijumpai dimana-mana seprti buah mangga ini, asupan giji, vitamin dan mineral penting yang diperlukan tubuh sudah tercukupi.
Tag : Info
0 Komentar untuk "Khasiat Dibalik Buah Mangga Indramayu"

Back To Top