Indahnya berbagi

El Nino Adalah Fenomena Alam

Musim kemarau tahun ini terasa lebih dahsyat dibandingkan dengan tahun sebleumnya, Meski sama-sama panas namun kemarau tahun ini lebih panas. Seperti yang sobat lihat diberita-berita televisi beberapa daerah di tanah air dilanda musibah kekeringan dan kebakaran hutan. Bahkan di Kalimantan dan Riau bencana asap sudah sangat mengkhawatirkan yang berdampak pada kesehatan dan lingkungan. Beberapa rute penerbangan ke daerah tersebut terpaksa di tunda karena jarak pandang yang minim akibat kabut asap. Gersangnya kemarau yang melanda Indonesia tahun ini menurut para ahli salah satunya adalah karena dampak El Nino.

sawah kekeringan
Hisyam di sawah saat kemarau

Sob pasti pernah dengar kata-kata El nino, apa sich El Nino itu? El Nino adalah suatu gejala penyimpangan kondisi laut yang ditandai dengan meningkatnya suhu permukaan laut (sea surface temperature-SST) di samudra Pasifik sekitar equator (equatorial pacific) khususnya di bagian tengah dan timur (sekitar pantai Peru). Karena lautan dan atmosfer adalah dua sistem yang saling terhubung, maka penyimpangan kondisi laut ini menyebabkan terjadinya penyimpangan pada kondisi atmosfer yang pada akhirnya berakibat pada terjadinya penyimpangan iklim.

Ketika iklim atau cuaca di Indonesia normal, suhu permukaan laut di sekitar Indonesia (pasifik equator bagian barat) umumnya hangat dan karenanya proses penguapan mudah terjadi dan awan-awan hujan mudah terbentuk. Namun ketika fenomena el-nino terjadi, saat suhu permukaan laut di pasifik equator bagian tengah dan timur menghangat, justru perairan sekitar Indonesia umumnya mengalami penurunan suhu (menyimpang dari biasanya). Akibatnya, terjadi perubahan pada peredaran masa udara yang berdampak pada berkurangnya pembentukan awan-awan hujan di Indonesia. (Sumber)

Dengan berkurangnya pembentukan awan-awan hujan di langit Indonesia potensi hujan di beberapa wilayah di tanah air sangat minim. Musim kemarau pun bisa bertambah panjang.


kemarau akibat el nino
Tanah Sawah saay kemarau
Untuk tahun ini BMKG memperkirakan air hujan akan membasahi tanah Indonesia sekitar bulan Desember. Detail prakiraan musim hujan tahun sob bisa kunjungi situs BMKG.


Tag : IPA
0 Komentar untuk "El Nino Adalah Fenomena Alam"

Back To Top