Indahnya berbagi

Aneh Entog Beranak Bebek


Yang namanya bebek kini semakin terkenal dan mahal haganya. Olahan makanan dengan bahan utama bebek sangat populer di masyarakat. Sobat dhira tentu sudah biasa mendengar menu bebek goreng, bebek panggang, bebek rica-rica, bebek asam manis dana lain-lain. Mulai dari warung-warung tenda pinggir jalan hingga restoran-restoran kelas tinggi tersedia menu bebek. Jenis angsa yang satu ini selain menghasilkan telur, daginngya pun digemari oleh masyarakat. Tidak heran kalau sekarang menu bebek dijumpai dimana-mana mulai dari warung-warung tenda pinggir jalan hingga  restoran-restoran. Akibatnya kebutuhan bebek sangat tinggi di pasaran.

Bebek merupakan salah satu jenis angsa yang bisa diternakan dengan baik. Beternak bebek bisa dilakukan dengan cara modern atau klasik. Cara modern biasanya bebek hanya dikandang saja. Untuk informasi cara beternak bebek modern sobat bisa cari informasi di google atau membeli buku-buku yang membahas tentang ini. Sedang cara beternak bebek secara klasik adalah bebek tidak ditempatkan dikandang secara terus menerus. Bebek biasanya di "angon" ke area pesawahan untuk mencari makan. Biasanya setelah habis panen banyak peternak-peternak bebek yang melepaskan bebek-bebeknya ke area pesawahan untuk mencari makan yaitu sisa-sisa gabah yang jatuh disawah, cacing dan keong.

Bagi peternak bebek klasik rumahan yang biasa hanya beternak beberapa ekor bebek saja, cara menetaskan telur bebek tidak menggunakan mesin penetas seperti peternak modern. Untuk menetaskan telur bebek mereka memanfaatkan jasa angsa lain untuk mengerami yaitu entog. Ketika entog bertelur, telurnya diganti atau ditambahkan telur bebek atau itik tadi. Ini mungkin salah satu "dosa" manusia terhadap entog, karena menukar anak-anak mereka . he..he..he. Dengan cara seperti tadi peternak bebek rumahan mengembangbiakan bebek.


Aneh seekor entog/entok beranak bebek
Entog Mengasuh Bebek
Setelah sekian hari dierami telur-telur bebek itu pun menetas menjadi itik-itik kecil. Induk entog tidak peduli kalau anak-anak yang telah menetas dari telur yang dieraminya bukan jenisnya. Dengan penuh kasih sayang anak-anak tadi diasuh dan dibimbing hingga besar dan dewasa, seperti gambar diatas. Kasih sayang Entog terhadap anak-anaknya patut kita jadikan contoh.

Jadi sobat dhira jangan heran kalau menjumpai seekor entog beranak bebek.
Tag : Info
0 Komentar untuk "Aneh Entog Beranak Bebek"

Back To Top