Indahnya berbagi

Ciri-ciri Tanah Humus


Macam-macam tanah terdapat di planet bumi ini. Misal tanah gambut, tanah vulkanis, tanah kapur, tanah aluvial dan lain-lain. Dibagian lapisan paling atas tanah terdapat lapisan yang disebut humus. Apakah humus itu? Humus disebut juga bunga tanah yaitu lapisan tanah yang paling subur yang terbentuk dari pelapukan atau pembusukan tumbuhan dan hewan yang dilakukan oleh mikroorganisme, Humus selain terbentuk secara alami, humus juga dapat dibuat. Tanaman yang tumbuh di tanah humus akan tumbuh subur karena banyak mendapat nutrisi.

Untuk membedakan tanah humus dengan tanah yang lain, sobat bisa membedakan dengan melihat ciri-ciri dari tanah humus :

1) berasal dari pelapukan sisa hewan dan tumbuhan yang membusuk;
2) berwarna kehitaman;
3) sangat baik untuk lahan pertanian;
4) kemampuan menyerap airnya sangat tinggi;
5) dapat menggemburkan tanah.

ciri-ciri humus bagus
Humus Sudah Jadi

Baca : Pohon jambu apel sudah berbuah

Mengapa tanah humus subur? yaitu tadi tanah humus merupakan pupuk organik yang bersumber dari hewan atau tumbuhan yang sudah membusuk. Humus merupakan sumber makanan penting bagi tanaman. 

Cara membuat humus yang sederhana dan mudah

Sobat dapat membuat humus sendiri untuk dijadikan pupuk organik. Caranya mudah dan sederhana. Sobat tinggal kumpulkan sampah-sampah oganik yaitu sampah-sampah bukan sintesis seperti daun-daun.Kemudian timbun sampah-sampah tadi di dalam lubang. Disarankan untuk menimbun dibawah pohon yang rindang agar bisa mempercepat pembusukan. Setelah waktu berjalan daun-daun itu akan membusuk dan berbentuk gumpalan-gumpalan hitam yang bercampur dengan tanah. Jika dipegang tanah ini terasa berminyak. Jika sudah demikian maka proses pembuatan humus sudah selesai.

Selanjutnya humus tadi sudah bisa sobat pergunakan untuk pupuk tanaman agar menjadi tumbuh subur.




Tag : IPA
1 Komentar untuk "Ciri-ciri Tanah Humus"

Back To Top