Indahnya berbagi

Cara Menghitung Persen Dengan Cepat

Sebelum sob dhira menghitung persen, sudah tahu belum apakah persen itu?  Persen atau persentase sering diaplikasikan dalam menghitung selisih keuntungan, selisih kerugian, diskon, bunga bank dan lain-lain. Dengan menggunakan komputer atau kalkulator sobat bisa dengan cepat menghitung presentasi. Tapi komputer dan kalkulator hanya alat bantu saja. Untuk logik dan rumus tetap manusia atau kita yang input.

Menurut id.wikipedia.org dalam ilmu matematika, persentase atau perseratus adalah adalah sebuah angka atau perbandingan (rasio) untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase sering ditunjukkan dengan simbol "%". Persentase juga digunakan meskipun bukan unsur ratusan. Bilangan itu kemudian diskalakan agar dapat dibandingkan dengan seratus. Dulu dituliskan dengan kata "percento" kemudian kata "per" digantikan oleh tanda miring "/" dan cento digantikan oleh dua tanda nol (0) yang kemudian kita kenal luas simbolnya persen sebagai "%"

Baca : Perbedaan bilangan NOL dan KOSONG

 
cara cepat menghitung diskon

Berikut ini contoh cara menghitung persen diskon 

Misalkan sobat sedang belanja baju di KCP, Ramayana, Matahari atau mall-mall lain yang ada di Karawang. Harga di label misalkan Rp 250.000 dan tercantum diskon 20 %. Untuk mengetahui nilai uang dari diskon 20% tadi sobat bisa menghitung dengan cara seperti ini :

20 x 250000/100 = 50000

Persen x harga baju = nilai persen

Sehingga harga baju setelah di sidkon menjadi 250000 - 50000 = 200000

Dengan tahu cara menghitung diskon tadi membantu sobat dalam menyiapkan uang saat di kasir.


Tag : School, tips
Back To Top