Indahnya berbagi

Tokek Di Rumah


Sekitar jam delapan malam biasanya dirumah kami terdengar bunyi teke..teke...teke. Bunyinya sama Hisyam dan Dhira suka di hitung. Setiap hari jumlah bunyi tek..teke berbeda. Kadang empat, kadang lima bahkan kadang terdengar tujuh kali atau lebih. Yup, bunyi suara tadi adalah bunyi tokek di rumah. Tokek yang ikut tiggal di rumah lumayan besar juga. Ukurannya sebesar pergelangan tangan Icha, si tokek kalau siang suka terlihat penampakannya saat bersembunyi di belakang pintu WC.Di situ tempat tinggalnya kalau siang hari, Karena tokek tidak mengganggu di rumah, tidak ada niat untuk mengusir tokek dari rumah, Bunyi suara tokek yang khas biarlah menemani malam yang sepi.

spesies tokek
Tokek

Mengenal Tokek

Artikel tentang Tokek banyak dijumpai di dumay ini, sobat tinggal ketik di kotak search google dengan kata kunci "artikel tentang tokek". Sekilas artikel tentang tokek akan Dhira tulis disini. Tokek termasuk kedalam spesies kadal dengan ukuran menengah. Tokek banyak di jumpai dibelahan dunia yang mempunyai iklim tropis. Menurut para ahli di dunia ini ditemukan lebih dari 2000 spesies tokek, bahkan bisa jadi lebih karena masih banyak spesies yang belum di temukan. Warna dan corak tubuh tokek berbeda-beda tergantung spesies dari tokek sendiri. Rata-rata ukuran panjang tokek maksimal sekitar 50 Cm atau lebih sedikit. Tetapi menurut para ahli di Selandia Baru pernah di jumpai tokek dengan ukuran lebih dari 60 Cm yaiti tokek dari spesies Delcourt. Namun para ahli memprediksi spesies tokek ini diyakini sudah punah, Selain spesies tokek besar, di temukan juga spesies tokek terkecil di dunia yaitu spesies tokek jaragua Sphaero yang hanya memiliki panjang 2 cm saja.

Tokek merupakan jenis reptil karnivora yaitu reptil yang memakan daging dari hewan lain. Tokek biasa memakan hewan jenis seangga, cacing. Dijumpai juga tokek dengan ukuran besar bisa makan reptil dan hewan mamalian yang ukurannya lebih kecil, semisal tikus kecil. Namun demikian, karena tubuh tokek yang tidak terlalu besar, tokek juga merupakan makanan untuk hewan predator lainnya seperti laba-laba besar, burung dan beberapa jenis mamalia besar.Takek berkembang biak dengan bertelur.

Cara Mengusir Tokek Paling Gampang Tanpa Harus Menangkapnya

Sebetulnya tidak perlu mengusir tokek dari rumah, karena tokek juga bermanfaat bagi yang punya rumah dalam membantu mengurangi serangga di rumah. Seperti diketahui bahwa tokek memakan hewan kecil jenis serangga, seperti nyamuk. Namun bagi sobat yang ingin mengusir Tokek dari rumah karena alasan tertentu bisa coba cara berikut ini:

  • Kurangi atau hilangkan makanan tokek dari rumah kita, jika tidak di jumpai makanannya di rumah, secara alami tokek pun akan meninggalkan rumah kita tanpa perlu di usir.
  • Dengan bumbu dapur yang mempunyai bau khas misal bawang atau merica. Tokek tidak suka dengan bau yang menyengat, oleskan bumbu-bumbu tadi ditempat atau area yang sering dijumpai keberadaan tokek di rumah.
  • Dengan tembakau, mirip dengan bumbu dapur, bau tembakau yang menyengat bisa membuat tokek tidak nyaman.
  • Yang terakhir dengan kertas, tulis dengan spidol besar dikertas "Tokek Di larang Masuk Rumah" kalau tokeknya sekolah pasti tidak akan masuk rumah sobat lagi, he..he..he..
Demikian sekilas tentang tokek di rumah dan cara mudah mengusirnya, semoga bermanfaat.



Tag : Info, School
1 Komentar untuk "Tokek Di Rumah"

Back To Top