Indahnya berbagi

Jambu Apel atau Jambu Jamaika Sudah Berbuah


Beberapa tahun telah berlalu sejak bibit pohon jambu air ini dibawa dari Padalarang. Bibit hasil mencangkok dari pohon jambu air tetangga sekarang tingginya sudah hampir 2 meter, tumbuh subur di pekarangan rumah. Dulu kata yang punya pohon jambu air ini dikenal dengan nama pohon jambu air apel biasa disebut jambu apel saja, karena bentuk buah jambunya mirip dengan buah apel dan berwarna merah ke hitam-hitaman.

Dan ternyata betul, beberapa hari yang lalu kami panen pertama buah jambu ini dan bentuknya mirip buah apel. Panen pertama jambu apel ini hanya berbuah 6 biji saja.
 


pohon cangkokan jambu apel
Jambu Jamaika Berbuah
Mungkin karena baru belajar berbuah, jumlah buah jambu apel yang dihasilkan tidak terlalu banyak. Atau juga dipengaruhi oleh faktor cuaca karena sekarang musim kemarau.



jambu apel berbuah
Buah Jambu Jamaika
Penampakan buah jambu apel yang masih menggantung  di tangkainya, membuat tangan tidak sabar untuk memetik. Warna buah jambu apel yang sudah berwarna merah kehitam-hitam pertanda buah sudah matang


jambu jamaika saat panen
Buah Mirip Apel

Tidak salah memang kalau jenis jambu air ini disebut jambu air apel karena bentuk buah mirip dengan buah apel. Daging buah jambu apel ini ketika digigit agak keras sisi luar tapi empuk dibagian dalam. Rasanya manis, sedikit masam dan ada aroma khas. Cocok pisan kalau dimakan saat cuaca panas terik.SEgeeeer....

Mudah-mudahan tahun depan jambu apel/ jambu jamaika ini berbuah banyak biar tetangga bisa ikut menikmati. Amiin




Tag : Info
Back To Top