Indahnya berbagi

Dengan Spon Oyong Mandi Terasa Lebih Bersih

Fungsi utama mandi bagi setiap orang adalah untuk membersihkan badan atau kulit dari kotoran-kotoran atau daki yang menempel setelah beraktifitas. Standarnya dalam sehari kita mandi sebanyak 2 kali, tetapi ini tidak mutlak tergantung kebutuhan. Untuk membersihkan daki-daki yang menempel di kulit saat mandi selain menggunakan sabun, banyak produk di pasaran yang menawarkan bisa membantu membersihkan kulit saat mandi. Salah satu produk alami untuk membantu membersihkan daki-daki dikulit saat mandi yaitu spon oyong. Serat-serat buah oyong yang sudah tua ini sejak dulu dipergunakan oleh masyarakat di kampung-kampung sebagai alat untuk membersihkan kulit saat mandi.

spon alami natural
Spon dari oyong


Cara Membuat Spon Oyong

Membuat spon Oyong tidak sulit hanya cari bahannya saja yang sulit, Jenis oyong yang bisa dibuat untuk spon mandi adalah jenis oyong besar, Ketika oyong sudah berbuah jangan dipetik biarkan hingga buah oyong menjadi tua. Buah oyong yang tua kulitnya akan kering dan keras sudah bisa dipetik lalu dijemur. Jemur selama beberapa hari sampai kulit luar oyong jadi rapuh.

membuat spon oyong
Oyong setelah dibersihkan kulitnya


Setelah kulit bagian luar oyong rapuh akan lebih mudah untuk membersihkan kulitnya. Kita pukul-pukul saja kulit oyong akan rontok dan menyisakan serat-serat oyong. Serat-serat oyong ini yang akan dijadikan spon. Setelah serat nampak gunting bagi dua untuk memudahkan membuang biji-biji oyong yang tersimpan dibagian dalam. Potong-potong serat tadi sesuai dengan ukuran spon yang diinginkan. Langkah terakhir adalah cuci bersih serat-serat yang sudah dipotong tadi sebelum dipergunakan sebagai spon untuk mandi.

Awal-awal pemakaian spon yang terbuat dari seart oyong ini sedikit kasar selang beberapa lama akan lembut dengan sendirinya. Mandi dengan bantuan spon oyong daki-daki yang menempel dikulit lebih mudah dibersihkan.
Tag : Info
0 Komentar untuk "Dengan Spon Oyong Mandi Terasa Lebih Bersih"

Back To Top