Indahnya berbagi

Tips Agar Anak Tumbuh Lebih Tinggi Maksimal


Tinggi badan maksimum seorang anak banyak dipengaruhi oleh faktor genetik atau faktor turunan dari kedua orang tua. Kalau orang tua si anak tingi-tinggi biasanya anak-anaknya pun akan ikut tinggi juga. Pertumbuhan anak-anak pada umumnya juga mirip seperti pertumbuhan orang tuanya. Jika orang tuanya mengalami pertumbuhan yang pesat misal ketika remaja usia 13 tahun, maka si anak pun biasanya diusia yang sama akan mengalami masa-masa pertumbuhan yang pesat. Ada beberapa usaha agar anak kita bisa mencapai pertumbuhan tinggi maksimal.

 

Masa Pertumbuhan Anak

Menurut penelitian, seorang anak akan mengalami penambahan tinggi sejak usia 4 tahun sampai masa puber per tahun normalnya sekitar 2 inchi. Untuk anak perempuan biasanya memiliki percepatan pertumbuhan mulai dari usia 10 tahun hingga masa puber sekitar  2 1/2 sampai 4 1/2 inci dalam satu tahun. Anak laki-laki mengalami percepatan pertumbuhan mereka sekitar usia 12 tahun dimana pertumbuhannya sekitar 3 sampai 5 inci setahun.
agar anak tumbuh tinggi

Makanan Yang Tepat Untuk Menambah Tinggi Anak

Makanan atau nutrisi yang tepat bisa membuat anak mencapai tinggi badan yang maksimal. Sebagai orang tua pastikan anak-anak mendapatkan mineral , vitamin , protein , karbohidrat dan lemak yang tepat sesuai dengan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kecil mereka. Pastikan sekecil Anda minum cukup air setiap hari. Mengkonsumsi makanan yang mengandung Kalsium yang cukup, karena Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tubuh , membantu tulang tumbuh lebih panjang dan kuat . Menurut National Institutes of Health , anak-anak usia 1 sampai 3 kebutuhan 700 mg kalsium setiap hari , usia 4 sampai 8 kebutuhan 1.000 mg dan usia 9 sampai 18 kebutuhan 1.300 mg .

 

Tidur Yang Cukup Membantu Anak Tumbuh Tinggi

Disaat tidur tubuh seorang anak melakukan rekondisi, melakukan perbaikan dan memproduksi hormon pertumbuhan. Balita biasanya tidur 10 sampai 13 jam setiap malam . Anak-anak usia sekolah dan praremaja membutuhkan antara 10 dan 12 jam tidur setiap malam . Anak Remaja sebaiknya tidur  8 1/2 sampai  9 jam setiap hari . Biasakan untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap hari - bahkan pada akhir pekan .

 

Banyak Bergerak Atau Olah Raga Yang Cukup

Banyak bergerak atau olah raga yang cukup bisa menekan obesitas pada anak-anak. Menurut para ahli minimal 60 menit setiap harinya anak-anak harus melakukan pergerakan atau olahraga. Dorong anak-anak untuk pergi ke toko atau sekolah jika dekat untuk berjalan kaki. Jika anak anda senang berolahraga daftarkan ke klub-klub olahraga agar mereka aktif dan punya kegiatan di akhir pekan. Atau cara hemat agar anak-anak beraktifitas atau melakukan pergerakan tubuh adalah dengan mendorongnya untuk melakukan kegiatan bersih-bersih rumah semisal menyapu, mengepel, potong rumut dan lain-lain.

Jika anak anda memiliki tinggi jauh dibawah teman-teman yang sebayanya, segera konsultasikan dengan dokter.Beberapa kondisi kronis atau kelainan genetik dapat mengganggu pertumbuhan. Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut jika ada masalah medis yang mendasari.




Tag : tips
0 Komentar untuk "Tips Agar Anak Tumbuh Lebih Tinggi Maksimal"

Back To Top