Indahnya berbagi

Tentang Matahari


Mataharimerupakan salah satu bintang dari milyaran bintang-bintang yang terdapat dalam galaxy. Sinar matahari memberikan kehidupan bagi bumi. Bumi tanpa energi sinar matahari maka tidak akan ada kehidupan. Dan Bumi pun berputar pada orbitnya mengelilingi matahari seperti planet-planet lainnya.

Ukuran diameter matahari diperkiraakan oleh para ahli sebesar  2,715,395 miles (4.730,005 kilometres) dan jarak matahari terhadap bumi kira-kira sejauh 92.96 million miles or 149.6 million kilometres. Ukuran Besarnya matahari satu juta kali lebih besar dari bumi, sangat besar sekali dibandingkan dengan bumi. Bentuknya nyaris bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet. Kandungan kimia dalam matahari, tiga perempat massa Matahari terdiri dari hidrogen, sedangkan sisanya didominasi helium.


Matahari sumber kehidupan di bumi
Keindahan Matahari
Matahari adalah sumber energi bagi kehidupan.Matahari memiliki banyak manfaat dan peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia di bumi. Panas matahari untuk kelangusngan hidup organisme, menjadikan air dibumi tetap cair dan memunkinkan adanya perubahan iklim, siklus hujan dan perubahan arah angin.


 Di era modern ini sinar matahari dimanfaatkan untuk pembangkit listrik. Panel surya menangkap sinar Matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.
 

Tag : IPA
0 Komentar untuk "Tentang Matahari"

Back To Top