Indahnya berbagi

Sejarah Candi Borobudur Candi Terbesar Di Dunia


Candi Borobudur merupakan salah satu warisan dunia. Candi terbesar di dunia ini terletak di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Dari arah yogyakarta sekitar satu jam perjalanan. Dari buku-buku sejarah tidak diketahui secara pasti kapan candi budha terbesar didunia ini didirikan. Hanya saja berdasarkan tulisan-tulisan relief yang ditemukan di candi borobudur diperkirakan tulisan ini berasal dari abad 8 sampai awal abad 9 atau sekitar  tahun 824 Masehi pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra.

Arsitektur candi borobudur yang elok dan megah merupak harta karun yang tak tertandingi nilainnya. Badan dunia UNESCO mengakui candi borobudur sebagai candi terbesar di dunia. Tersusun dari 2 juta batu vulkanik, terdapat 2672 panel relief dengan ukuran luas 123x123 m². Di Candi ini terdapat sekitar 504 patung Buddha, 72 stupa terawang dan 1 stupa induk. Bentuk Candi Borobudur berbentuk limas yang berundak – undak dengan tangga naik pada ke – 4 sisinya ( Utara, selatan, Timur Dan Barat ).

wisata ke borobudur
Bentuk Stupa Candi Borobudur

candi agama budha
Candi Borobudur

Keindahan dan keunikan arsitektur candi borobudur menarik minat masyarakat untuk berwisata kesana. Sekarang candi Borobudur merupakan salah satu obyek wisata yang sering dikunjungi oleh turis lokal dan manca negara. 

Sob, sudah berwisata ke candi borobudur ?



Tag : Info, School
0 Komentar untuk "Sejarah Candi Borobudur Candi Terbesar Di Dunia"

Back To Top