Indahnya berbagi

Menanak Nasi Di Rice Cooker Agar Tidak Cepat Bau dan Kuning


Memasak nasi agar pulen dan enak dipengaruhi beberapa faktor. Bisa dari faktor cara memasak, beras yang dipergunakan dan alat untuk menanaknya. Beras yang bagus dan pulen tidak akan jadi nasi pulen kalau cara memasak salah. Begitu pun jika alat untuk menanak nasi yang bermasalah, meskipun berasnya bagus belum tentu nasinya menjadi pulen. Silahkan pilih merek rice cooker yang beredar dipasaran yang cocok dihati dan dikantong. Untuk tips memasak nasi yang pulen di rice cooker sis tentunya sudah tahu kan dan pasti sudah jago. Panduan memasak atau menanak nasi yang baik dan pulen biasanya terdapat di manual book rice cooker yang dibeli atau bisa dicari artikel di interne.

cara mudah agar masak nasi tidak cepat bau dan kuningsob dhira kali ini umi akan berbagi tips cara agar nasi tidak cepat bau dan berwarna kuning jika dimasak dengan rice cooker. Tips ini dari seorang Prof peneliti bidang pangan yaitu Prof Djoko Said Damadjati. Menurut beliau cara sederhana dan gampang agar nasi tidak cepat bau dan kuning yaitu dengan cara mengaduk-aduk nasi ketika matang agar uap nasi keluar. Ketika rice cooker memberikan indikator nasi sudah matang, segera aduk -aduk nasi. Agar uap nasi bisa keluar. Uap nasi yang tersimpan akan mempercepat berkembangnya mikroorganisme sehingga nasi akan lebih cepat bau dan berwarna kuning.

 Sebenarnya metode ini sudah diterapkan oleh ibu-ibu jaman baheula ketika menanak nasi di dandang atau aseupan. Metode ini dikenal dengan istilah "ngakeul" kalau dalam bahasa sunda. Tidak heran kalau nasi yang dimasak dengan model ini hasilnya lebih pulen dan dimakan terasa lebih enak.

by : umi

Tag : tips
0 Komentar untuk "Menanak Nasi Di Rice Cooker Agar Tidak Cepat Bau dan Kuning"

Back To Top