Indahnya berbagi

Ikut Ke TPS Pemilu 2014

Hari rabu tanggal 9 April sekolah libur, demikian informasi dari pak Anding, Kepala Sekolah SDIT Al-Kifah Telagasari. Seneng banget mendengar pengumuman ini, temen-temen seneng juga kan kalau sekolah libur. Yang dhira heran koq dikalender ngak berwarna merah tapi kenapa libur yach..

Sampai rumah dhira tanya sama Umi, kenapa hari rabu tanggal 9 sekolah libur. Kata Umi tanggal 9 April dilaksankannya Pemilu 2014. Semua rakyat Indoesia yang sudah memenuhi syarat melakukan hak suaranya untuk memilih partai dan anggota legislatif, jadi semua diliburkan, termasuk sekolah-sekolah. Oh..ternyata itu kenapa sekolah libur padahal dikalender tidak berwarna merah.


pemenang pemilu 2014

Temen-temen tahu pemilu dan anggota legislatif itu apa? dhira juga belum tahu. Kemarin ketika pemilu dhira diajak ke TPS. Lokasi TPS tidak jauh TPS itu apa sich? kata Umi TPS adalah singkatan dari Tempat Pemungutan Suara yaitu tempat untuk coblos kertas suara. Pantesan disana banyak orang yang datang, rupanya mereka akan nyoblos. Sebelum proses nyoblos suara dimulai ketua TPS memberikan arahan cara untuk mencoblos kertas suara. Diarea sekitar TPS juga terpampang gambar-gambar calon tetap legislatif dan partai-partai peserta pemilu 2014.

Dhira sich seneng banget diajak ke TPS, soalnya banyak tukang jajan dan temen-temen ngumpul disana. Setelah selesai coblos suara dhira pulang. Cuma dhira heran sama Umi kenapa dijarinya ada tinta warna hitam. Tapi bukan Umi saja Bi indah, Ma edah juga sama. Kata Umi kalau habis coblos tangan pencoblos ketika keluar wajib dicelupkan ke tinta yang telah disediakan oleh panitia. Katanya sebagai tanda bahwa telah melakukan pencoblosan. Sehingga kalau melakukan kecurangan mencoblos ulang, dengan tanda tinta tadi bisa diketahui. Oh...begitu, dhira kira tinta dijari setelah coblos suara tidak ada arti dan tujuannya.

Kemarin temen-temen pada ikut ke TPS ngak?


Tag : Info
0 Komentar untuk "Ikut Ke TPS Pemilu 2014"

Back To Top