Indahnya berbagi

Penen Telah Tiba

Sekarang sudah musim panen padi lagi,
Di daerah kamu sudah musim panen padi atau lagi panen apa nih..

Ditempat dhira panen padi dalam setahun bisa tiga kali, karena area pesawahan sudah menggunakan air irigasi, jadi bukan sawah tadah hujan. Air sawah dengan sistem irigasi bisa diatur sedemikian rupa. Ngak terasa perasaan baru beberapa hari yang lalu lihat talektor ngebajak sawah, eh sekarang sudah panen padinya.

Kalau musim panen suasana dikampung sedikit berbeda. Agak ramai, banyak tukang jualan, baik makanan, pakaian, sandal sepatu dan lain-lain.Orang-orang juga banyak yang pergi ke sawah untuk memotong padi. Mobil-mobil truk cold diesel milik tengkulak padi hilir mudik dijalan kampung cari muatan. Para tengkulak padi membeli padi atau gabah dari petani ketika selesai panen. Harga gabah atau padi dari tengkulak dikisaran Rp. 3500 sampai Rp 4800 per kilogram.

Harga tadi bergerak sangat cepat, di awal-awal musim panen biasanya harga gabah cukup tinggi. Namun setiap hari harganya akan semakin turun. Harga yang tidak stabil tadi jelas-jelas merugikan kaum petani. Ditambah lagi dengan harga yang dipermainkan oleh konsultan tengkulak alias calo gabah. Tengkulak padi tidak bisa langsung membeli padi atau gabah ke petani, mereka harus lewat konsultan ini. Hukum tidak tertulis ini sudah berlangsung puluhan tahun. Para tengkulak tidak berani langsung karena para konsultan padi ini jeger-jeger kampung.

Di daerah temen-temen kalau panen ada calo-calo ngak yach..?
Tag : Info, panen padi
0 Komentar untuk "Penen Telah Tiba"

Back To Top