Indahnya berbagi

Mengenal Najis

artikel pengertian najis
Najis pengertian secara bahasa adalah kotoran. Sedangkan secara istilah najis adalah sesuatu yang dianggap kotor dan dapat mencegah sahnya sholat tanpa ada hal-hal yang dapat meringankan. Tidak sah sholat seseorang jika terdapat najis di badan, pakaian dan tempat mengerjakan sholat.

Najis terbagi menjadi 3 (tiga) macam yaitu:
  1. Najis Mukhaffafah yaitu najis kategori ringan. Contoh najis Mukhaffafah adalah air kencing anak yang belum berumur dua tahun dan hanya makan atau minum ASI saja.
  2. Najis Mutawassitah yaitu najis kategori sedang. Contoh najis Mutawassitah seperti bangkai (bangkai adalah binatang yang mati karena tidak disembelih atau disembelih tidak secara islam), darah (semua jenis darah adalah najis tetapi jika darah sedikit dapat dimaafkan/diringankan misal darah nyamuk, darah bisul atau darah luka kecil), nanah, muntah (kalau sedikit dimaafkan),kotoran manusia atau binatang (semua yang keluar dari kubul atau dubur manusia atau binatang kecuali air mani tetapi disunahkan untuk dibersihkan), Arak (semua minuman keras yang memabukan termasuk najis).
  3. Najis Mugallazah yaitu najis kategori berat. Contoh najis Mugallazah seperti air liur serta kotoran anjing atau babi.
 Cara menyucikan najis
  1. Menyucikan najis Mukhaffafah, untuk anak laki-laki cukup dengan memercikan air saja tanpa dituntut air sampai mengalir. Sedang untuk air kencing anak perempuan menyucikannya dengan cara dibasuh dengan air, disini di tuntut air sampai mengalir.
  2. Menyucikan najis Mutawassitah, jika benda yang terkena najis mudah untuk dibasuh dengan air pertama buang dulu najisnya kemudian dibasuh dengan air sampai bersih. Jika najis mengenai tempat yang susah dibasuh dengan air, buang najis terlebih dahulu kemudian bekas najis tersebut digosok dengan benda yang kasat sampai diyakini tidak ada warna, bau dan rasa kemudian tempat itu digenangi dengan air.
  3. Menyucikan najis Mugallazah, dengan cara membasuh bagian yang terkena najis dengan air mutlak sebanyak tujuh kali dan salah satunya dicampur dengan debu atau tanah yang suci.
Demikian temen-temen pengenalan najis yang dhira kutip dari buku pelajaran fikih untuk kelas 1, karya H.A Nurzaman, MA penerbit PT. Karya Toha Putra.
Tag : Info, School
0 Komentar untuk "Mengenal Najis"

Back To Top