Indahnya berbagi

Bendungan Parisdo atau Bendungan Walahar

Urang Karawang sudah pasti tau dong Bendungan Walahar. Bendungan Walahar atau Bendungan Parisdo merupakan salah satu bendungan di aliran sungai Citarum yang dibuat dijaman masa penjajahan Belanda. Bendungan Walahar diresmikan tanggal 30 Nopember 1925. Bendungan ini mengairi sekitar 87.506 Hektar sawah disekitar Karawang. Dulu Bendungan ini lebih terkenal dengan nama Bendungan Parisdo. Namun perlahan seiring berjalannya waktu Bendungan ini kini terkenal dengan nama Bendungan Walahar.

foto bendungan walahar jaman dulu
foto by G.F.J. (Georg Friedrich Johannes) Bley
 Bendungan Walahar oleh warga sekitar juga dijadikan sebagai objek wisata. Meski belum tertata rapi layaknya objek wisata, setiap hari libur Bendungan Walahar cukup ramai dipadati pengunjung. Disana temen-temen bisa melihat keindahan bendungan dan lokasi disekitarnya. Disana juga ada wisata kuliner yang cukup terkenal yaitu rumah makan pepes jambal, H. Dirja. Pengunjung bisa menikmati pepes ikan jambal segar, sambel terasi, goreng garing ikan kecil,lalapan..hm hm pokonya yumi dech..

Lokasi Bendungan Walahar sekitar 10 Km dari pusat kota Karawang. Jika temen-temen dari Bandung atau Jakarta bisa akses lewat pintu tol Karawang Timur. Lalu kearah Kopel atau Kota Pohaci.

foto walahar jaman dulu


 Baca : Misteri Nama Keramat Luar Batang

Bagi yang hobi memancing sekalian bawa alat pancing. Sambil menikmati keindahan bendungan tidak salahnya sambil memancing gratis di bendungan, mudah-mudahan kalau beruntung bisa dapat ikan jambal. Warga sekitar biasa mancing disekitar bendungan ketika air bendungan surut atau pintu bendungan ditutup. Mereka biasa mancing dikseitar pintu air bendungan, kalau yang belum terbiasa mungkin harus hati-hati kalau terpeleset resiko jatuh ke sungai Citarum.

Foto-foto Bendungan Walahar dari berbagai sumber :

mancing mania dibendungan walahar karawang
Mancing di bendungan Walahar
wisata walahar
Pintu Air Walahar
Pintu masuk wisata bendungan walahar
Gerbang bendungan walahar
keindahan bendungan walahar karawang
Diatas bendungan walahar
Kalau temen-temen berwisata ke bendungan Walahar, jangan lupa ya jaga kebersihan disana agar Bendungan Walahar tetap indah dan bersih.
0 Komentar untuk "Bendungan Parisdo atau Bendungan Walahar"

Back To Top